Pengertian Dan Tingkatan Manajemen

Dari definisi di atas dapat disimpulkan bahwa manajemen adalah seni dan ilmu perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengoordinasian dan pengendalian / pengendalian sumber daya, terutama sumber daya manusia, untuk mencapai tujuan yang ditetapkan. Pada dasarnya, administrasi adalah suatu proses pemberian bimbingan dan fasilitas dalam suatu kegiatan koperasi, yang fasilitas atau alat kerjanya yang digunakan adalah unsur-unsur administrasi.

Tingkatan Manajemen

Sekarang, orang yang bertanggung jawab atas bawahan dan sumber daya organisasi lainnya dalam administrasi disebut manajer. Anda dapat melihat dengan lebih jelas pembagian tanggung jawab melalui piramida tingkat manajemen yang dibagi menjadi 1) manajemen senior; 2) manajemen menengah; dan 3) manajemen garis depan.

Manajemen Puncak (Top Management)

Manajemen senior harus memiliki keterampilan konseptual dengan tugas memimpin organisasi atau perusahaan secara keseluruhan untuk membentuk tim yang baik. Manajemen senior terdiri dari Dewan Direksi atau Eksekutif, Kepala Pejabat Eksekutif, Direktur, Kepala Perwakilan dan Kepala Divisi.

Manajemen Menengah (Middle Management)

Manajemen menengah menjadi penghubung antara manajemen puncak dan manajemen garis depan. Manajemen menengah atau dalam profesi adalah manajer menengah yang tugasnya mengawasi dan mengarahkan kegiatan manajer lain atau mungkin karyawan operasional. Misalnya, manajer cabang, kepala pengawas, kepala departemen, kepala divisi, dan lainnya.

Manajemen Lini Pertama (First-Line Management)

Manajemen garis depan harus memiliki keterampilan teknis yang bertanggung jawab untuk memimpin dan mengawasi personel operasional. Manajemen garis depan berhubungan langsung dengan personel operasional atau karyawan. Beberapa contoh adalah mandor pabrik, kepala seksi yang secara langsung mengawasi juru ketik dan staf administrasi di kantor-kantor besar, atau pengawas teknis di perusahaan otomotif.

Apakah sudah jelas, skuad? Yeay, sekarang dia tahu lebih banyak tentang administrasi dan levelnya, deh. Ini juga berarti bahwa Anda memahami bagaimana mengatur dan berbagi tanggung jawab dalam suatu organisasi, bukan? Nah, agar Anda bisa mengerti dan lebih terampil, mari berlatih menonton video animasi keren di ruang belajar. # Belajar Mudah dijamin Mudah.

Terimakasih, semoga penjelasan ini dapat dimegerti dan dapat membantu anda, semoga ada manfaatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *